Ziarah ke Makam SK Trimurti

Kepada
Yth. Aktivis buruh, perempuan dan HAM, mahasiswa, jurnalis dan masyarakat umum

Salam Hormat,

Untuk memperingati hari Pahlawan, kami yang tergabung dalam Sovi mengajak kawan-kawan untuk bergabung dalam acara: Ziarah ke makam SK Trimurti (aktivis buruh, perempuan, jurnalis yang kemudian menjadi menteri perburuhan pertama di Indonesia)

Ziarah ini akan kami lakukan pada:

Hari/ Tanggal: Sabtu, 10 November 2012
Waktu: 10.00 Wib
Tempat: Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jl. Kalibata Raya, Jaksel
Dresscode/ Baju: Hitam

Kami berharap kawan-kawan bisa hadir dan bergabung bersama kami. Terimakasih atas segala dukungannya.

Salam,
Aliansi Sovi (Solidaritas Perempuan untuk Luviana)

Pers Release ” Merayakan Hari Pahlawan bagi Buruh Perempuan Indonesia”

10 November 2012

Soerastri Karma Trimurti atau SK Trimurti adalah seorang aktivis buruh, aktivis perempuan, dan jurnalis perempuan tiga zaman. Ia kemudian menjadi menteri perburuhan pertama di Indonesia. Semangat hidupnya memperjuangkan para buruh perempuan menginspirasi sepanjang jaman.

Pada awalnya SK Trimurti menjadi anggota  Perkumpulan Rukun Wanita. Dia mulai aktif membaca dan rajin mengikuti perkembangan gerakan kemerdekaan. Akhirnya, Trimurti memutuskan berhenti menjadi guru dan mengabdikan diri menjadi aktivis kemerdekaan: dia menjadi anggota Partai Indonesia (Partindo). 

Di kalangan buruh SK Trimurti banyak memperjuangkan isu-isu perempuan buruh seperti: kesehatan reproduksi buruh perempuan, persamaan upah dan tunjangan antara laki-laki dan perempuan, jam kerja untuk perempuan. Isu perempuan yang dikedepankan, SK Trimurti berjuang melawan poligami, pernikahan dini dan kesehatan reproduksi.
 
  
Ketika menjadi jurnalis, Melihat dedikasi dan semangatnya, Bung Karno meminta Trimurti menjadi Pemimpin  Redaksi majalah Pikiran Rakyat. Majalah ini secara khusus menyebarluaskan gagasan bahwa kaum perempuan Indonesia akan dapat meraih nasib baik hanya di dalam suatu masyarakat yang merdeka, adil dan makmur. Ia kemudian juga menerbitkan majalah untuk buruh dan perempuan: berita gerwani dan Api Kartini. untuk perjuangan kemerdekaan, Trimurti mendirikan media: Bedug dan Terompet.
 
Selain aktif sebagai wartawati, Trimurti juga sibuk berorganisasi. Dia bergabung dengan perkumpulan Mardi Wanita, yang berganti nama menjadi Persatuan Marhaeni Indonesia dan kemudian aktif di Gerwis (Gerakan Wanita Sedar) organisasi yang kemudian berubah namanya menjadi Gerwani (Gerakan Wanita Indonesia). 

Pada usia 25 tahun, Trimurti dipenjara untuk pertamakalinya. Pasalnya, Trimurti  menyebarkan pamflet anti-imperialisme dan anti-kapitalisme yang berisi informasi tentang ketidakadilan Belanda. Selama sembilan bulan, dia mendekam di Penjara Bulu, Semarang.

Dalam perjuangannya ini, kemudian Trimurti diangkat menjadi menteri perburuhan pertama di Indonesia. Berkat perannya itu, SK Trimurti selalu dikenang sebagai buruh, tokoh perempuan dan jurnalis perempuan yang berperan penting meletakkan landasan di negeri ini.

Kami yang tergabung dalam Sovi (Solidaritas Perempuan untuk Luviana) merayakan hari pahlawan 10 November 2012 dalam bentuk Ziarah ke makam SK Trimurti sebagai bentuk apresiasi tertinggi bagi SK Trimurti dan kepada para buruh perempuan di Indonesia.

Selain itu kami kemudian juga mengeluarkan Kobar (Komik selembar untuk Buruh Perempuan) yang kami bagikan secara gratis kepada masyarakat dan pengguna jalan. Kobar kami buat untuk menyemangati para buruh perempuan Indonesia yang berjuang untuk menuntaskan kasusnya. Penyebaran ke masyarakat ini kami lakukan agar masyarakat mengenal para pahlawan bagi para buruh perempuan Indonesia.

Hidup SK Trimurti dan buruh Perempuan Indonesia!!!

Contact Person Aliansi Sovi:

1.Masyuti (Forum Masyarakat Kota Indonesia/ FMKJ): 081315965708
      
2. Uli Pangaribuan (PBHI Jakarta): 08112822976.      

3. Tiwi (LBH Jakarta): 0813874006702.      

4. Sahat Tarida (Repdem):
0813813013153.      

5. Umi Lasmina (wartafeminis.wordpress.com):
081581530854.      

6. Firqie Firmansyah: 085287722888.      

7. Lita Anggraeni (Jala PRT):
081314825052

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s