mahalnya berinternet di negeri kite

kalo di rumah ane biasa akses internet liwat telkomnet@instan produk keluaran pt telkom. dengan menyambungkan kabel telepon ke laptop (tentu setelah di-setting dulu dalam internet connection di control panel) ane bisa mengakses e-mail pribadi, e-mail kantor atawa buka situs, terutama situs-situs berita.. paling nggak, rata-rata sejam ane sekali mengakses internet.

lama? udah pasti. lelet bener, kalo kate orang betawi, terutama kalo harus mendownload berkas-berkas penting liwat e-mail. begitu juga kalo ane harus membuka beberapa situs dalam sekali waktu akses, lamaaaaa amat..

udahan gitu, biaya yang harus ane bayarkan masuk dalam itungan mahaaal..  kalo ane bandingin ame warnet-warnet di pinggir jalan, selisihnya bisa lebih setengah harga.. misalnye, kalo diwarnet tarif sejam 6 ribu rupiah, maka pake telkomnet ane biasa bayar 9 ribu per jam.. nah, lantaran waktu mengakses yang lama, bisa dibayangin biaya yang harus ane keluarin pasti makin bengkak pan??

lantaran gitu, kalo gak penting-penting amat (misalnye buat ngecek e-mail yang berhubungan ame pekerjaan atawa bisnis), ane lebih memilih baca buku atawa nonton “kembali ke laptop” nye tukul arwana di 4 mata..

harapan ane, onno w. purbo, ahli telematika kite dari itb, bisa segera wujudin “internet buat rakyat”, “internet masup kampung”, dll.. ane bantu do’a deh bang onno!!   

Tinggalkan Balasan

